Awalnya aku gak mau nih ngeposting artikel ini. karena berhubung aku punya usaha warnet dan anak-anak sekolah mulai dari SD sampe SMA banyak yang tanya masalah office word ini, jadi aku coba deh untuk berbagi pengetahuan mengenai fungsi Microsoft Word.
Microsoft Word merupakan salah satu program komputer yang sangat dibutuhkan dimana-mana, dunia perkantoran seperti dalam pembuatan surat menyurat, dunia perkuliahan, untuk pembuatan tugas-tugas, perkantoran pokoknya yang berupa data-data. jadi, apabila ingin melamar pekerjaan di sebuah perkantoran minimal yang harus dan wajib anda ketahui adalah memahami aplikasi yang satu ini walaupun tidak seratus persen.
Disini aku sedikit banyak akan membahas fungsi menu-menu yang ada di Ms Word. berikut di bawah ini:
Office Button
=Untuk membuat lembar kerja baru
=Untuk membuka lembar kerja baru
=Untuk menyimpan documen yang sedang di buka
=Untuk meyimpan documen yang sedang di buka dengan nama lain
=Perintah Untuk mencetak
=Perintah untuk menyiapkan file agar siap di distribusikan
=Mengirim file pada email
=Mendistribusikan file word ke media blog
=Menutup program yang sedang dibuka
MENU HOME :
A.CLIP BOARD
CUT : Untuk perintah memotong atau memindahkan objek
COPY : Untuk perintah mencetak atau mengcopy objek
PASTE : Untuk perintah memunculkan objek
FORMAT PAINTER : Untuk perintah memformat naskah dengan fasilitas painter
B.FONT
FONT (CTRL+SHIFT+H) : Untuk menentukan pemilihan jenis, ukuran, style, warna dan efek warna.
FONT SIZE (CTRL+SHIFT+P) : Untuk perintah untuk menentukan ukuran huruf
BOLD (CTRL+B): Untuk perintah untuk menebalkan huruf
ITALIC (CTRL+I): Untuk perintah untuk memiringkan huruf
UNDERLINE (CTRL+U) : Untuk perintah untuk garis bawah
STRIKETHROUGH : Untuk penandaan huruf dengan wama
SUBSSCRIPT(CTRL+=) : Untuk menampilkan tulisan dibawah (separu teks)
SUPERCRIPT (CTRL+SHIFT++) : Untuk menampilkan tulisan di atas (separu teks)
CHANGE CASE: Untuk pengaturan komposisi besar / kecil huruf dengn grow font /shrinkfont.
TEXT HIGHLIHT COLOR : Untuk menandai teks dengn warna
FONT COLOT : Untuk mewarnai huruf
GROW FONT : Untuk membesar teks
SHRINK FONT : Untuk memperkecil teks
CLEAR FORMATTING : Untuk mengembalikan pada format dasar(menghapus format yang baru)
C.PARAGRAPH : Untuk menentukan identitas spasi,potongan baris, dan halaman
BULLETS : Untuk pemilihan jenis identitas dengan menggunakan bullet dengan angka
NUMBERING : Untuk untuk memberikannomor / halaman
MULTILEVEL LIST : Untuk membuat penomoran dengan bentuk bertingkat/level
DECREASE INDENT: Untuk menurunkan tingkat indent paragraph
INCREASE INDENT : Untuk meningkatkan tingkat indent paragraph
SORT : Untuk mengurutkan data dalam table / pengurutan huruf /angka,
SHOW/ HIDE : Untuk menunjukkan tanda paragraph dan format symbol lainnya yang tersembunyi
ALIGH TEXT LEFT (CTRL+L) : Untuk teks rata kiri
CENTER (CTRL+E) : Untuk teks rata tengan
ALIGN TEXT RIGHT (CTRL+R) : Untuk teks rata kanan
JUSTIVY (CTRL+J) : Untuk teks rata kanan kiri / penyesuaian teks
LINE SPADING : Untuk mengatur spasi baris
SHADING : Untuk memberikan pewarnaan pada background
BORDER : Untuk pembuatan garis-garis kotak
STYLES : Untuk perintah untuk memilih gaya pada paragraph yang dipilih
D.EDITING :
FIND : Untuk mencari data document
REPLACE : Untuk menggantikan data pada document dengan data baru
SELECT : Untuk memilih (memblok) isi dari document
MENU INSERT
A.PAGE
COVER PAGE : Untuk menyisipkan halaman pertama
BLANK PAGE : Untuk manampilkan lembar kerja baru
PAGE BREAK : Untuk lakukan pengaturan pergantian halaman
B.TABLES :
TABLE : Untuk nampilkan / menyispkan tabel
C.ILUSTRATIONS
PICTURE : Untuk menyisipkan gambar dalam document yang sudah tersimpan dalam harddisk/flahdisk
CLIP ART : Untuk Menyisipkan kreasi seni, film, suara atau photo yang telah terformat.
SHAPES : Untuk membuat bentuk-bentuk tertentu tanpa harus memakai aplikasi tambahan
SMSRTART : Untuk menampilkan sebuah visualisasi informasi yang akan ditampilkan
dalam bentuk gambar, sehingga mudah dan cepat dalam pembuatannya
CHART : Untuk membuat diagram
D.LINKS
HYPERLINK : Untuk menambahkan sebuah link untuk sebuah halaman web
BOOKMARK : Untuk menyisipkan tanda yang dapat dipakai untuk di tuju pada dokumen.
CROSS-REFERENCE : Untuk menyisipkan foot nate, caption, cross, reference, dan indeks
E.HEADER & FOOTER
HEADER : Untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian atas dari dokumen
FOOTDER : Untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian bawah dari dokumen
PAGE NUMBER : Untuk mlakukan pengaturan letak-letak nomor halaman
F.TEXT :
TEXT BOX : Untuk menyisipkan kotak teks pada document
QUICK PARTS : Untuk menyisipkan objek-objek yang sering digunakan dengan cepat dan efisien
WORD ART : Untuk menyisipkan dekorasi tulisan ke dalam dokumen
DROP CAP : Untuk menambahkan huruf kapital dalam ukuran besar di awal paragraph
SIGNATURE LINE : Untuk menyisipkan garis tanda tangan pemilik dokumen
DATE & TIME : Untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang sedang aktif.
OBJECT : Untuk menyisipkan opjeck dalam document
G.SYMBOLS :
EQUATIN : Untuk membuat format matematika
SYMBOL : Untuk penyisipan simbol-simbol khusus.
MENU PAGE LAYOUT
A. THEMES : Untuk memberikan bentuk tekstur background
COLORS : Untuk bentuk warna
FONTS : Untuk bentuk tulisan
EFFECT : Untuk mengatur tema efek terhadap objek shape yang terdapat didalam document
B. PAGE SETUP: Untuk pengaturan lembar kerja
MARGINS : Untuk ruang kosong yang ada di sekeliling depi halaman
ORIENTATION : Untuk mengatus posisi kertas
SIZE : Untukmengatur ukuran kertas
COLUMNS : Untuk membagi kertas kerja menjadi beberapa kolom
BREAKS : Untuk memisahkan antar halaman
LINE NUMBERS : Untuk pengaturan nomor baris teks dalam halaman
HYPHENATION : Untuk mengatur memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
C.PAGE BACKGROUND : Untuk mengatur / membuat background pada halaman
WATERMARK : Untuk menyisipkan gambar / teks sebagai background
PAGE COLOR : Untuk memberikan background warna
PAGE BORDERS : Untuk membuat bingkai halaman
D.PARAGRAPH : Untuk melakukan pengaturan paragraf
INDENT : Untuk mengatur identasi pada paragraf
SPACING : Untuk mengatur jarak spasi antar baris
E.ARRANGE : Untuk menyunting gambar
POSITION : Untuk mengatur posisi gambar
BRING TO FRONT : Untuk membawa objek yang dipilih maju satu tingkat atau kedepan semua objek
SEND TO BACK : Untuk mengirim objek yang dipilih,dibalik semua objek lainnya
TEXT WRAPPING : Untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya demgan paragraph teks
ALIGN : Untuk perataan gambar pada lembar kerja
GROUP : Untuk membuat beberapa gambar menjadi satu ikatan / grup
ROTATE : Untuk memutar gambar
MENU REFERENCE
A. TABLE OF CONTENTS :
TABLE OF CONTENTS : Untuk pengelolaan daftar isi.
ADD TEXT : Untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat.
UPDATE TABLE : Untuk memperbarui daftar isi.
B. FOOTNOTTES :
INSERT FOOTNOTE : Memampilkan cetakan kaki document
INSERT END NOTE : Untuk menyisipkan catatan di akhir bab.
NEXT FOOTNOTE : Untuk memantau footnote dan endnote.
SHOW NOTES : Untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote
C. CITATIONS & BIBLIOGRPHY : Untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka.
INSERT CITATIONC : Untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
MANAGE SOURCES : Untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen.
STYLE : Untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan.
BIBLIOGRAPHY: Untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif.
CAPTIONS : Untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam dokumen.
INSERT CAPTIONS: Untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
INSERT TABEL OF FIGURES : Untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen.
UPDATE TABEL : Untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar.
CROSS-REFERENCE : Untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki.
D. INDEX : secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku.
MARK ENTRY : Untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
INSERT INDEX : Untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen.
UPDATE INDEX : Untuk memperbarui daftar indeks terkini.
E. TABLE OF AUTHORITIES :
MARK CITATIOSN: Untuk menambahkan teks yang dipilih sebagai kutipan dalam table otoritas
INSERT TABEL OF AUTHORITIES : Menyisipkan table otoritas kedalam document
UPDATE TABEL : Memperbaharui table untuk mencakup semua kutipan dalam document
MENU MAILINGS
A.CREATE :
ENVELOPES : Membuat dan mencetak kop surat tunggal. Pada kop dapat dituliskan alamat tujuan
LABELS : Membuat dan mencetak label tunggal (misalnya untuk menuliskan alamat penyuratan, sebagai sampul file data, sampul CD), maupun label lembaran
B.START MAIL MERGE :
START MAIL MERGE :Membuat dan mencetak dokumen berbentuk surat proposal (berbentuk e-mail maupun kop surat) yang akan dibagikan kepada pelanggan (customer)
SELECT RECIPIENTS : Menentukan dokumen yang digunakan, biasanya bersisi data teks dan grafik dari beberapa versi dokumen yang sebelumnya telah di-merge, meliputi nama dan alamat pelanggan.
EDIT RECIPIENT LIST : Mengkoneksikan dokumen ke sumber data, yang berisi daftar nama dan alamat resipien surat proposal. Lalu mengedit daftar informasi customer, dengan menambahkan atau mengurangi daftar nama.
C.WRITE & INSERT FIELDS :
HIGHLIGHT MERGE FIELDS : Menambahkan placeholders (field mail merge) pada dokumen, yang berisikan informasi data file yaitu menyusun daftar nama dan alamat customer.
ADDRESS BLOCK : Menyetarakan bentuk penulisan alamat kop surat proposal.
GREETING LINE : Membuat pembuka surat yang bentuknya sama pada semua surat yang akan ditujukan pada semua customer.
INSERT MERGE FIELD S : Membuat label surat yang berisikan nama dan alamat customer.
RULES : Membuat aturan yang mengatur penggabungan surat.
MATCH FIELDS : Mencocokkan sumber data dengan kop surat proposal yang telah dibuat menyesuaikan area.
UPDATE LABELS : Memperbaharui label.
D.PREVIEW RESULTS :
PREVIEW RESULTS : Khusus digunakan untuk menangani kesalahan (error) yang terjadi saat proses penggabungan surat.
FIND RECPIENS : Menemukan penerima. Menemukan dan menampilkan data yang spesifik dan telah tersimpan di daftar penerima dengan mencari teksnya.
AUTO CHECK FOR ERRORS : Khusus digunakan untuk menangani kesalahan (error) yang terjadi saat proses penggabungan surat. Anda juga diberi pilihan untuk memperkirakan error yang akan terjadi saat penggabungan.
E.FINISH
FINISH & MERGE: Akhir dan penggabungan.Menyeles aikan penggabungan surat. Anda bisa membuat dokumen yang lain untuk menyalin surat tersebut, mengirim semuanya secara langsung ke printer, atau mengirim semuanya melalui e-mail (surat elektronik).
MENU REVIEW
A.PROOFING :
SPELLING & GRAMMAR :Mengecek ketepatan ejaan teks
RESEARCH : Menampilkan kotak dialog kamus/reverensi
THESAURUS : Menampilkan pilihan teks pada saat ada kata yang terpilih
TRANSLATE : Menerjemahkan teks
TRANSLATION SCREENTIP : Untuk mengartikan screentip yang diterjemahkan
SET LANGUAGE : Mengatur bahasa yang digunakan untuk memeriksa ejaan dan grammar pada teks yang dipilih
WORD COUNT : Untuk mengetahui jumlah kota dan karakter paragraph dalam document
B.COMMENTS :
NEW COMMENT : Menambahkan komentar pada cell
DELETE : Menghapus komentar pada cell
PREVIOUS : Melihat komentar sebelumnya
NEXT : Melihat komentar selanjutnya
C.TRACKING:
TRACK CHANGES : Untuk melacak semua perubahan yang dibuat dalam document
BALLOONS : Memilih cara untuk menunjukkan revisi document tersebut
FINAL SHOWING MARKUP : Untuk mengatur tampilan pada document
SHOW MARKUP : Untuk menunjukkan macam-macam revisi untuk ditampilkan kedocument
REVEWING PAGE : Untuk menampilkan revisi ditampilan depan document
D.CHANGES :
ACCEPT : Untuk mnerima prubahan trmaksud mmindahkan perubahan proposal baru
REJECT : Untuk menolak perubahan trmaksud mmindahkan perubahan proposal baru
PREVIOUS : Untuk mengarahkan kerevisi sebelumnya didalam document
NEXT : Untuk mengarahkan kerevisi selanjutnya didalam document
E.COMPARE :
COMPARE : Membandingkan/menggabungkan beberapa versi document
SHOW SOURCE DOCUMENTS : Menunjukkan sumber document untuk ditampilkan
F.PROTECT :
PROTECT DOCUMENT : membantu orang bagaimana dapat mengakses dalam sebuah document
MENU VIEW
A.DOCUMENT VIEWS :
PRINT LAYOUT : menampilkan document dalam layout
FULL SCREEN READING : menampilkan satu document penuh
WEB LAYOUT : menampilkan document layout web
OUTLINE : menampilkan struktur document
DRAFT : memberikan tampilan yang berkelanjutan (menggabungkan seluruh halaman seperti dalam satu gulungan). Tiap halaman dipisahkan oleh garis titik-titik.
B.SHOW / HIDE :
RULER : Memunculkan mistar dokumen.
GRIDLINES Untuk menampilkan tanda garis pada lembar kerja
MESSAGE BAR : Menampilkan olah pesan
DOCUMENT MAP Memunculkan bagian dari sub bagian dari dokumen pada jendela tersendiri.
THUMBNAILS : Untuk menampilkan bar THUMBNAILS
C.ZOOM :
ZOOM : Menambah ukuran penampilan document word
100% : Untuk memperbesar document ke 100% dari ukuran normal
ONE PAG : Untuk menampilkan satu halaman
TWO PAGES :Untuk menampilkan dua halaman
PAGE WIDTH : Memperbesar document sehingga lebar yang berasal dari halaman
D.WINDOW:
NEW WINDOW : Menampilkan dokumen yang sama dalam jendela berbeda
ARRANGE ALL : Mengatur jendela dari dokumen
SPLIT : Membagi dokumen menjadi beberapa bagian
VIEW SIDE BY SIDE : Untuk menampilkan dua document dari sisi kesisi sehingga kita dapat membandingkan isi document tersebut
SYNCHRONOUS SCROLLING : Menjadikan naskah dari 2 document menjadi 1 naskah
RESET WINDOW POSITION :Mereset posisi jendela dari document dan membandingkan sisi kesisi sehingga kita dapat membagi layar yang sama
SWITCH WINDOWS : Menglihkan sebuah bermacam termaksud membuka jendela
E.MACROS:
MACROS : Untuk merekam sebuah makro atau menerima pengaturan makro lainnya.
Semoga bermanfaat bagi pembaca, sekian dan Terimakasih sudah berkunjung ke Blog aku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar